FLAME WAR : ATTENTION! AN AUTHOR OF ASIANFANFICS.COM WAS PLAGIARISM STORY FROM AUTHOR POLARIS!

Maaf malam2 ganggu kalian

saya harap kalian tidak membaca tulisan ini di siang hari saat puasa tiba. tapi saya juga berharap kalian menyebarkan tulisan ini ke banyak orang. sbagai sesama author, saya jelas merasa terhina dengan peristiwa ini

salah satu teman author kita, Happy Liani Kaban, unnie saya yang baik, fanfictionnya telah di plagiat seorang anak SMP tanpa memberi kredit

well saya akui, tulisan di blog adalah tulisan bebas

tapi setahu saya sebagai manusia yang nggak gagap teknologi, kita sebagai sesama pengguna teknik berbasis internet ini, sudah memiliki peraturan untuk tetap menghargai karya orang di blog sebagai hak cipta

dosen mata kuliah Dasar Jurnalistik dan pimpinan Berita Tivi tempat saya bekerja pernah bilang, jika kita membuat berita mengambil video dari youtube, maka tulislah COURTESY OF YOUTUBE

dosen Filsafat saya pernah bilang, jika kita membuat sebuah makalah dengan mengangkat contoh kasus riil, kita bisa mencarinya melalui blog2 orang dengan tetap menuliskan DAFTAR CATATAN KAKI yang memuat link2 blog orang yang kita ambil isinya.

guru SMP saya pun dulu mengajarkan untuk membuat DAFTAR PUSTAKA disetiap hasil tulisan kita.terutama jika kita mengacu pada buku-buku ajaran.

Kalian bisa menangkap apa yang saya maksud? di sekolah, di bangku kuliah, kita diajarkan untuk tidak melakukan plagiat.

di internet juga sama. Jika anda peka, maka anda selalu menemukan tulisan seperti ini di blog2 :

‘take with credit’

‘kalo copas pake credit yaaa’

‘we make it not for money. so don’t re-upload’

‘semua tulisan di blog ini dilindungi, hubungi author masing-masing jika ingin menyebarluaskan’

oke yang terakhir di atas memang agak keliru. semua tulisan di blog tidak dilindungi. bahkan pun jika kita memakai password, ttp saja tulisan kita sudah menjadi milik umum. but overall, manusia sekarang LEBIH PINTAR. COPAS with CREDIT, itu sudah jadi UNDANG-UNDANG TIDAK TERTULIS YANG TETAP DIPATUHI SEMUA ORANG YANG MENGGUNAKAN INTERNET

so, saya nemuin hal ini:

seorang author ff dari website cukup terkenal, asianfanfics, melakukan plagiat cerita author grup fb Polaris Special Fanfiction. dengan judul http://www.halloween.co.kr yang diubah menjadi http://www.tryifyoudare.co.kr

dengan mengatasnamakan itu adalah ff miliknya

dia tidak menyebutkan dirinya copas

atau tidak ada menulis credit sama sekali

nah ini berikut karya ASLI teman kita, seorang author sekaligus admin Polaris Special Fanfiction

dari tanggalnya bisa kita lihat tuh catatan di pos 30 okt 2010. bandingkan dengan ini:

dipublish 29 Juli 2011. jelas kalo ff yang pertama dipublish duluan dibanding yang sesudahnya.

dan mungkin judulnya dirubah, tapi sekarang kita lihat isinya.

persis kan? jika anda kurang puas, bisa mengecek ff ASLI nya di: http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150095033601929

dan versi jiplakannya yang cuma diubah ke bahasa inggris, tpi dialog dan cast nya sama persis, ini linknya: http://www.asianfanfics.com/story/view/62075/try-if-you-dare-tryifyoudare-co-kr-fxband-horror-jessicajung-krystaljung-mblaq-snsd-thunder

Saya menemukan akun pribadi sang author yang menjiplak karya teman saya:

FACEBOOK :

http://www.facebook.com/profile.php?id=100000025478387

TWITTER :

http://twitter.com/#!/KissMe_ELFl101

well, saya sadar, internet memang sumber plagiat tertinggi. tapi saya lucu saja, mengingat ff adalah wadah kita sebagai fans yang berimajinasi seluas-luasnya, lha kok malah di plagiat coba?

saya mau ketawa sekaligus terhina

SAYA SAMA SEKALI TIDAK MENYALAHKAN WEBSITE

SAMA SEPERTI JIKA NAZARUDIN CURHAT MELALUI BLOG MISALNYA, SAYA TIDAK AKAN MENYALAHKAN PIHAK BLOG NYA YANG MENAYANGKAN CURHATAN NAZARUDIN, TAPI MUNGKIN SAYA MENYALAHKAN NAZARUDINNYA KENAPA MEMBUAT CURHATAN ANEH-ANEH DI BLOGNYA. ANGGAP SAJA INI PERUMPAMAAN.

SAYA TIDAK MENYALAHKAN ASIANFANFICS ATAS KEJADIAN INI, TAPI SAYA SANGAT INGIN SANG AUTHOR YANG MEMPLAGIAT KARYA TEMAN SAYA, MEMINTA MAAF ATAS TINDAKANNYA YANG ANEH ITU. YA GIMANA NGGAK ANEH, FF KOK DI PLAGIAT??? KAN LUCU

YA SEBAGAI SESAMA AUTHOR, SAYA INGIN DIA BERJANJI AGAR KEJADIAN PLAGIAT2 SESAMA AUTHOR FF NGGAK TERULANG LAGI LAH

MASA IYA IMAJINASI SEORANG FANS PUN HARUS DIPLAGIAT?

oke sekian deh tulisan saya

saya nggak mau bikin seseorang tersinggung

saya tidak ingin membuat website asianfanfics yang keren2 dgn ff nya itu jadi marah sama saya, hahaha. nggak mungkin lah. wong facebook aja banyak dikata2in orang, eh tetap eksis aja tuh xD

saya penggemar asianfanfics dan saya kagum dgn author2 yang nulis di situ

jadi mari kita selesaikan urusan plagiat ini dengan damai.

dan ini jadi pelajaran buat kita jgn sekali2 copas ide orang, mentang2 ini jamannya internet semua serba copas. harus minta ijin dan paling nggak kasih credit . oke?

wassalam.

-Sophie Maya-

-seluruh admin Polaris Special Fanfiction-

-seluruh teman2 sesama author ff-

 

 

search image from facebook and asianfanfics

you can copas this, but with credit!

13 thoughts on “FLAME WAR : ATTENTION! AN AUTHOR OF ASIANFANFICS.COM WAS PLAGIARISM STORY FROM AUTHOR POLARIS!

  1. Sesuju banget nih sama author….

    Harusnya dia mikir dong, hari gene masih plagiat. Klo ngerasa gak mampu lebih baik beralih ke hobi laen, gak usah plagiat…

    Sampah masyarakat banget…

    Aku juga kalo nemu orang plagiat mau laporin ah…🙂

  2. merasa bangga tapi dari hasil plagiat,buat apa???
    mending kalo ga ketauan,nah ini udah pada heboh,bukannya minta maaf.
    kalo aku sih ga pinter nulis,tapi lebih baik gitu daripada pinter tapi nyontek?!

  3. SAYA TIDAK SETUJU DENGAN PLAGIAT ITU.. MASA SESAMA AUTHOR DI JIPLAK JUGA FF NYA! KLO MAU COPAS PAKE CREDIT GITU.. KAYAKNYA KASUS PLAGIAT BERSARANG DI INTERNET……. *CAPSLOCK MELEDAK*

  4. WUAHHH!! CAPSLOCKNYA PADA JEBOL SEMUA YA! IYA, ANAK SMP GAK TAHU DIRI HAHA😄 AKU JADI GA PENGEN NULIS DI ASIAN FANFICS TUH NTAR DIPLAGIAT SEMUA
    UDAH DISERANG HABIS-HABISAN DI TWIT DIA MASIH TETAP BODO AMAT,
    HAHA😄 AKU KESAL INI! >.<
    KAN BIKINNYA PAKE TENAGA PLUS OTAK YANG KADANG SUKA MUMET,
    SOPHIE TULISANMU DAEBAK!
    CALON JURNALIS INI! HUAHAHAHA😄
    THANKS SEMUANYA :*

    • HIHIHI PADA JEBOL SEMUA UNN

      IYA JANGAN NTAR SEMUA KARYA KITA DI PLAGIAT
      EH SERIUS TUH ANAK ANTENG2 DOANG>??? IDIH PARAH BANGET YAAAAAA

      KESAL TO THE MAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX

      HEHEH BTW THX PUJIANNYA ONNN

  5. TEGA BENER TUH YANG JIPLAK!!! SESAMA ORANG INDONESIA PULA! UNTUNG AQ GA PUASA. JADI BEBAS MAU NGEBASH TUH ORANG #DOSA WOI!!!
    AQ JUGA GA MAU KALO FF YANG UDAH DIBUAT DENGAN SUSAH PAYAH DIJIPLAK DENGAN SEENAKNYA. TOH KALO AQ POSTING DI BLOG PASTI AQ KASIH CREDITNYA! APA SUSAHNYA SIH KASIH CREDIT?
    TOH KALO SUKA AMA FF-NYA BILANG AMA AUTHORNYA KEK MAU COPAS. DIIJININ ATO NGGAK ITU URUSAN BELAKANG! TAPI JANGAN JIPLAK DONG #CAPSLOCK JEBOL!

  6. SETUJU BANGET SOPHIE!!!
    AKU NGERASA YANG NGEPLAGIAT KARYANYA HAPPY JAHAAAT BANGET! TEGA APA YA? QT KHAN SESAMA AUTHOR! JADI PASTI TAU RASANYA KALO KARYANYA DIJIPLAK KHAN??
    AKU JUGA PENGEN TUH AUTHOR MINTA MAAF SAMA HAPPY! *MAAF CAPS JEBOL*

Just talking...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s